cover
Contact Name
Sulistyo
Contact Email
endiswk@unikama.ac.id
Phone
+62341-801488
Journal Mail Official
jurnal.modernisasi@unikama.ac.id
Editorial Address
Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Kanjuruhan Malang Jl. S. Supriadi No. 48 Malang (65148)
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Ekonomi Modernisasi
ISSN : 0216373X     EISSN : 25024078     DOI : https://doi.org/10.21067
Core Subject : Economy, Science,
Jurnal Ekonomi Modernisasi is a peer-reviewed journal that disseminates research in the fields of management and accounting. The journal publishes issues every February, June, and October. It covers a large variety of topics of management and accounting as a medium for practitioners, academics, independent researchers to publish articles that contribute to the development of science. The journal is published with fully open access. Jurnal Ekonomi Modernisasi was firstly published in printed version in 2005 (ISSN 0216-373X), but since 2016, the journal has been published online (ISSN 2502-4078). It is published by the Economics and Business Faculty, University of Kanjuruhan Malang, Indonesia. Jurnal Ekonomi Modernisasi promotes the ideas and information among researchers that have been achieved in the area of: financial management, marketing management, human resource management, behavior organizational, good governance, strategic management, entrepreneurship, management accounting, financial accounting, public sector accounting, Islamic accounting, auditing, taxation, business ethics.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 3 (2005): Oktober" : 7 Documents clear
ADAPTASI SEGMENTASI PELANGGAN, RANCANGAN ORGANISASI, DAN PENATAAN STAF PENJUALAN TERHADAP PERUBAHAN PASAR (KAJIAN TERHADAP ARTIKEL BERJUDUL SMARTER SEGMENTATION FOR YOUR SALES FORCE; A CASE STUDY AT HILL-ROM. TULISAN E. WAASER, M. DAHNEKE, M. PAKKARINEN, Sugiharto, Sugiono
Jurnal Ekonomi Modernisasi Vol. 1 No. 3 (2005): Oktober
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (189.448 KB)

Abstract

Kajian ini menggambarkan pengalaman sebuah perusahaan produsen yang menghasilkan perlengkapan bagi penyedia layanan kesehatan. Pihak manajemen berupaya menyelidiki penyebab turunnya penghasilan perusahaan yang dilanjutkan dengan sejumlah tindakan penyelesaian masalah. Adapun tindakan-tindakan yang ditempuh meliputi peninjauan ulang dan penyesuaian atas segmentasi pelanggan, rancangan organisasi, dan penataan staf penjualan.
HUBUNGAN PERUBAHAN NILAI PIUTANG DAGANG DENGAN KETERSEDIAAN DANA LIKUID PADA PERUSAHAAN TOP LOSSER DAN TOP GAINERS YANG LISTING DI BEJ Sudarto, Triadi Agung
Jurnal Ekonomi Modernisasi Vol. 1 No. 3 (2005): Oktober
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (213.629 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya assosiasi perubahan satu variabel (X) terhadap variabel yang lain (Y), sehingga diperlukan pengumpulan data, proses pengolahan, menyederhanakan, menyajikan dan menganalisis data agar dapat memberikan gambaran yang eksplisit tentang assosiasi antar variabel dalam suatu peristiwa keuangan pada suatu kelompok perusahaan. Rancangan penelitian dilakukan untuk memperoleh hasil pengujian tentang pergeseran nilai piutang terhadap kejadian tertentu yakni ketersediaan dana likuid pada kelompok perusahaan. Peristiwa yang akan diuji dalam penelitian ini adalah  perubahan nilai piutang yang tercantum didalam laporan keuangan perusahaan top losser maupun perusahaan top gainers yang telah dipublikasikan oleh emiten BEJ. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian yang telah dilakukan sebelumnya, maka kesimpulan peneliti adalah bahwa 1) piutang dagang dari satu periode keperiode mengalami pergeseran nilai, dengan jumlah pergeseran yang terjadi pada perusahaan top gainers dari tahun 2002 ke tahun 2003 mengalami penurunan. Sebaliknya pada perusahaan top lossers menunjukkan hasil yang berlawanan, bahwasanya rata-rata pergeseran piutang dagang perusahaan top losser dari tahun 2002 ke tahun 2003 mengalami kenaikan. dan 2) hubungan yang terjadi antara pergeseran piutang dagang dengan ketersediaan dana  yang likuid baik pada perusahaan top losser maupun perusahaan top gainers secara keseluruhan adalah cukup kuat  dan signifikan. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil pengujian hipotesa menunjukan rata-rata p- value kurang dari 0,025 pada taraf signifikansi 97,5 % baik pada periode 2002 maupun periode 2003.
PENGARUH INFORMASI LABA AKUNTANSI (EARNINGS) TERHADAP ABNORMAL RETURN DAN VOLUME PERDAGANGAN SAHAM (STUDI PADA PERUSAHAAN LQ 45 DI BURSA EFEK JAKARTA) Sarwoko, Endi
Jurnal Ekonomi Modernisasi Vol. 1 No. 3 (2005): Oktober
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (224.235 KB)

Abstract

Informasi laba akuntansi yang diumumkan perusahaan akan direspon pasar, baik melalui harga saham maupun melalui volume perdagangan atau keduanya. Harga saham merefleksikan keseluruhan atau rata-rata keyakinan investor, sedangkan volume perdagangan saham merefleksikan aktivitas investor dengan menjumlahkan semua saham yang diperdagangkan di pasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh laba akuntansi (earnings) terhadap abnormal return, dan menganalisis pengaruh laba akuntansi (earnings) terhadap volume perdagangan saham. Earning digunakan sebagai proksi dari laba akuntansi sedangkan abnormal return digunakan sebagai proksi dari harga saham. Sampel penelitian adalah perusahaan yang masuk dalam LQ 45 selama tiga tahun berturut-turut yaitu 2001 sampai dengan 2003 yang berjumlah 28 perusahaan. Jenis penelitian merupakan studi peristiwa dengan menggunakan periode pengamatan 5 hari sebelum dan 5 hari sesudah publikasi laba akuntansi. Teknik analisis data menggunakan Analisis Regresi, yang terdiri dari model 1 antara laba akuntansi (earnings) terhadap abnormal return, dan model 2 antara laba akuntansi (earnings) terhadap volume perdagangan saham. Hasil analisis menunjukkan bahwa unexpected earnings berpengaruh positif dan signifikan terhadap abnormal return yang diterima investor.  Unexpected  earnings juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap volume perdagangan saham. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengumuman laba akuntansi memiliki kandungan informasi, sehingga menyebabkan reaksi pasar dicerminkan dari abnormal return dan volume perdagangan saham
DIFUSI INOVASI MARKETING MIX MELALUI KELOMPOK USAHA SEKTOR INFORMAL (UPAYA PENINGKATAN PEMASARAN PRODUK SEKTOR INFORMAL) Sugiharini, Sugiharini
Jurnal Ekonomi Modernisasi Vol. 1 No. 3 (2005): Oktober
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (187.234 KB)

Abstract

Sektor informal sebagai sektor usaha yang punya andil penting dalam penyerapan tenaga kerja akhir-akhir ini. Dalam situasi dimana sektor formal belum mampu mengimbangi laju pertumbuhan tenaga kerja karena berbagai kendala terutama karena faktor SDM dan iklim dunia usaha formal yang belum kondusif, maka pilihan sektor informal menjadi prioritas. Berdasarkan fakta yang ada banyak sektor informal yang telah berkembang dan berhasil. Dan sebaliknya tidak sedikit pula yang gagal di perjalanan terutama disebabkan faktor individu kewirausahaan terutama faktor akses pasar. Sebenarnya kalau kita cermati dan analisis lebih dalam terutama mereka-mereka yang sukses ada aspek nilai pemasaran yang selama ini terlupakan dan berada di luar marketing mix. Dan aspek ini lambat laun akan menjadi citra merek yang melekat di hati konsumen dan akan mendatangkan omzet yang tinggi. Ambil contoh kasus ayam goreng Wong Solo. Kalau dilihat dari atribut produk yang melekat tidak jauh berbeda dengan produk-produk lain, dan produk ini terkesan mengabaikan faktor marketing mix dalam promosi produk. Namun ada satu kelebihan dibanding dengan yang lain yaitu cita rasa khas yang sudah melekat dan punya posisi tersendiri di lidah konsumen. Konsumen sudah mampu membedakan produk ini dengan yang lain. Berbagai contoh kasus di atas tampaknya pas sebagai gambaran dari divusi inovasi marketing mix. Selain itu juga bisa ditempuh dengan membentuk kelompok usaha sehingga mempunyai kekuatan dan pertahanan yang kuat.
PROFIL STRATEGI PEMASARAN INTERNASIONAL DI ERA GLOBAL Munir, Moh
Jurnal Ekonomi Modernisasi Vol. 1 No. 3 (2005): Oktober
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (168.357 KB)

Abstract

Memasuki era tahun 2006 sebagai era pemulihan struktur kehidupan ekonomi setelah sekian tahun dilanda krisis ekonomi dan adanya kenaikan BBM.  Namun kenyataan yang ada asumsi pertumbuhan ekonomi sebesar 6 % tampaknya masih terlalu berat. Sumber pendapatan negara dari sektor non pajak masih kecil, kita lebih pas sebagai negara pengimpor dari pada pengekspor. Kita lebih banyak bertindak sebagai tujuan pasar dari pada produsen atau suplier barang. Kenyataan ini tidak bisa kita pungkiri sebagai akibat dari berlakunya pasar global. Kita lebih banyak terlena dan terlalu puas dengan kondisi produk yang dihasilkan, tanpa berpikir panjang bahwa sautu saat nanti ada produk barang yang sama bahkan lebih bagus dengan harga lebih murah. Kondisi inilah yang memaksa kita untuk mereviu kembali strategi pemasaran internasional kita, apakah sudah menyesuaikan dan menjawab tantangan global. Tampaknya masih banyak kebijakan-kebijakan yang harus diambil dalam hal ini terutama bagaimana kita mempunyai daya saing tinggi dengan mempunyai produk unggulan dimasing-masing otonomi daerah. Salah satu bentuk riilnya yaitu dengan menelusuri tiga macam strategic resources . Pertama kita harus membenahi aspek tangible resources yang meliputi : karyawan atau SDM, pelanggan, kapasitas, dana dan produk. Kedua menyangkut tentang intangible resources yang meliputi : ketrampilan karyawan, mutu pelanggan, efisiensi biaya produksi dan mutu produk. Ketiga aspek very intangible resources yang meliputi : moral karywan, reputasi dimata pelanggan dan reputasi dimata investor. Selain cara ini bisa juga dengan model  “Satu Kabupaten Satu Kompetensi Inti” (Saka-Sakti) dimana model ini sejalan dengan kebijakan otonomi daerah, saka yang berarti tiang atau tonggak dan sakti yang berarti keampuhan, kekuatan atau ilmu. Jadi tonggak keampuhan atau tonggak kekuatan andalan yang dimiliki oleh setiap kabupaten di Indonesia guna membangun kompetensi inti agar bisa bersaing di pasar global.
MEMBANGUN KEPEMIMPINAN DIRI Rini, Wahyu Astjarjo
Jurnal Ekonomi Modernisasi Vol. 1 No. 3 (2005): Oktober
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (136.319 KB)

Abstract

Setiap orang sejak dia dilahirkan, sudah memiliki bakat dasar sebagai seorang pemimipin. Namun untuk mencapai posisi seorang pemimpin diperlukan proses yang panjang, mulai dari belajar dalam keluarga, dimasyarakat dan dibangku sekolah dari tingkat dasar sampai tingkat yang lebih tinggi. Proses belajar yang dilakukan berbeda-beda antara satu orang dengan orang yang lain, sangat tergantung dari kemampuan pribadi masing-masing Dn motivasi yang menjadi pendorong untuk menggali potensi pribadi kepemimpinan. Ada yang cepat dalam proses belajarnya karena ia sangat potensial dan punya motivasi yang tinggi. Kepemimpinan pada dasarnya adalah  proses untuk membawa orang-orang atau organisasi yang dipimpimnya menuju suatu tujuan (goal) yang jelas. Salah satu tujuan  (goal) yang harus dicapai dari suatu kepemimpinan adalah visi dari suatu organisasi yang dipimpinnya. Seorang pemimpin bertugas untuk merumuskan visi komunitasnya, dan menciptakan kondisi yang membuat komunitas bergerak mencapai visi. Cara membangun kepemimpinan diri menyangkut prinsip secara teratur melatih empat dimensi kepribadian manusia meliputi : fisik, mental, emosi dan spiritual. Mereka selalu memperbaiki diri secara bertahap, sehingga dapat memerankan dirinya sebagai pemimpin yang memiliki visi yang benar dan memiliki kemampuan melatih.
BRAIN TATTOOS CREATING UNIQUE BRANDS THAT STICK IN YOUR CUSTOMERS’ MINDS PENULIS : KAREN POST PENERBIT : AMACOM (AMERICAN MANAGEMENT ASSOCIATION) – NEW YORK TAHUN : 2005 TEBAL : XX + 187 HALAMAN ISBN : 0-8144-7243-6 Rumambi, Leonid Julivan; Frisdiantara, Christea
Jurnal Ekonomi Modernisasi Vol. 1 No. 3 (2005): Oktober
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (168.178 KB)

Abstract

Di abad modern ini merek merupakan hal yang cukup vital dalam ekonomi perusahaan. Bahkan banyak kasus di perusahaan-perusahaan di negara maju nilai merek bisa melebihi nilai aset perusahaan secara fisik. Dalam kesempatan ini kita akan mencoba menganalisis bagaimana cara menciptakan merek yang amat melekat di benak konsumen. Sehingga paradigma di atas bisa dicapai. Berbagai cara bisa ditempuh, di antaranya yaitu dengan menciptakan image mental di benak konsumen, dengan cara ini konsumen dilibatkan secara emosional agar mengikuti aturan jalan pikiran kita. Kedua kita perlu melakukan perencanaan yang matang bagi suatu merek sebelum memperkenalkan sebuah merek. Selanjutnya ada empat langkah yang bisa ditempuh yaitu: carai inspirasi lewat founder perusahaan, lalu dibuat satu kepanitiaan/ commite, selanjutnya ada proses self diagnosis dan diakhiri dengan rebranding/memulai merek baru. Dan tentunya dalam kesempatan ini hanya sedikit kasus yang bisa diuraikan karena masih banyak kasus-kasus yang lain.

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2005 2005


Filter By Issues
All Issue Vol. 19 No. 1 (2023) Vol. 18 No. 3 (2022) Vol. 18 No. 2 (2022): Juni Vol. 18 No. 1 (2022): Februari Vol. 17 No. 3 (2021): Oktober Vol. 17 No. 2 (2021): Juni Vol. 17 No. 1 (2021): Februari Vol. 16 No. 3 (2020): Oktober Vol. 16 No. 2 (2020): Juni Vol. 16 No. 1 (2020): Februari Vol. 15 No. 3 (2019): Oktober Vol. 15 No. 2 (2019): Juni Vol. 15 No. 1 (2019): Februari Vol. 14 No. 3 (2018): Oktober Vol. 14 No. 2 (2018): Juni Vol. 14 No. 1 (2018): Februari Vol. 13 No. 3 (2017): Oktober Vol. 13 No. 2 (2017): Juni Vol. 13 No. 1 (2017): Februari Vol. 12 No. 3 (2016): Oktober Vol. 12 No. 2 (2016): Juni Vol. 12 No. 1 (2016): Februari Vol. 11 No. 3 (2015): Oktober Vol. 11 No. 2 (2015): Juni Vol. 11 No. 1 (2015): Februari Vol. 10 No. 3 (2014): Oktober Vol. 10 No. 2 (2014): Juni Vol. 10 No. 1 (2014): Februari Vol. 9 No. 3 (2013): Oktober Vol. 9 No. 2 (2013): Juni Vol. 9 No. 1 (2013): Februari Vol. 8 No. 3 (2012): Oktober Vol. 8 No. 2 (2012): Juni Vol. 8 No. 1 (2012): Februari Vol. 7 No. 3 (2011): Oktober Vol. 7 No. 2 (2011): Juni Vol. 7 No. 1 (2011): Februari Vol. 6 No. 3 (2010): Oktober Vol. 6 No. 2 (2010): Juni Vol. 6 No. 1 (2010): Februari Vol. 5 No. 3 (2009): Oktober Vol. 5 No. 2 (2009): Juni Vol. 5 No. 1 (2009): Februari Vol. 4 No. 3 (2008): Oktober Vol. 4 No. 2 (2008): Juni Vol. 4 No. 1 (2008): Februari Vol. 3 No. 3 (2007): Oktober Vol. 3 No. 2 (2007): Juni Vol. 3 No. 1 (2007): Februari Vol. 2 No. 3 (2006): Oktober Vol. 2 No. 2 (2006): Juni Vol. 2 No. 1 (2006): Februari Vol. 1 No. 3 (2005): Oktober Vol. 1 No. 2 (2005): Juni Vol. 1 No. 1 (2005): Februari More Issue